Praktek dan Konsultasi :

Graha Tranceformasi
Jl. Tukad Pule No.32 Sesetan

Bengkel Peradaban
Jl. Cenigan Sari IVB No.9 Denpasar

Arsip

Lakukan Self Hypnosis Sebelum Operasi untuk Atasi Nyeri


Jakarta, Saat akan menjalani operasi, persiapan yang baik penting untuk dilakukan terutama menyangkut kesiapan fisik, mental, dan emosional. Hal-hal tersebut jika dipersiapkan dengan baik akan membuat prosedur yang dijalani terasa lebih mudah dan nyaman.

Pikiran mempunyai kekuatan yang luar biasa, bahkan bisa dikatakan tidak terbatas. Jika pikiran sedang berfokus pada suatu hal, maka hal tersebut dapat dengan mudah diwujudkan. Dengan kata lain, apa yang sedang diharapkan, cenderung akan terjadi.

Oleh karena itu, jika seseorang pikirannya fokus pada rasa takutnya maka secara otomatis akan terjadi peningkatan hormon tertentu. Akibatnya toleransi terhadap rasa nyeri berkurang, sehingga orang tersebut membutuhkan obat bius atau anestesi lebih banyak agar tidak merasa sakit.

Ketakutan juga dapat menyebabkan ketegangan, yang ujung-ujungnya menyebabkan kontraksi otot. Kontraksi atau otot yang menegang juga turut meningkatkan intensitas rasa sakit selama operasi, bahkan bisa memperlambat proses pemulihan sesudahnya.

Beberapa tujuan dilakukannya self hypnosis sebelum operasi antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Healthy Times, Jumat (21/10/2011):

1. Sebagai pendekatan prosedur operasi tanpa rasa takut
2. Menjalani prosedur menggunakan anestesi yang lebih sedikit
3. Meminimalkan pengalaman mengenai ketidaknyamanan
4. Sembuh jauh lebih cepat
5. Menjaga tekanan darah pada tingkat yang aman dan sehat.

Mempelajari self hypnosis sebenarnya tidak terlalu sulit, sebab kemampuan untuk melakukan self hypnosis yang sempurna merupakan proses latihan dan hasil coba-coba secara berulang. Manfaatnya juga tidak cuma untuk persiapan operasi, sebab teknik ini bsia diterapkan dalam banyak hal.

Salah satu teknik dalam melakukan self hypnosis seperti dikutip dari mindtools adalah sebagai berikut.

1. Pertama-tama, tentukan tujuan melakukan self-hypnosis. Bagi yang melakukannya sebagai persiapan oeprasi, yakinkan diri sendiri bahwa manfaat rasa sakit yang mungkin selama operasi tidak akan ada apa-apanya dibanding manfaatnya untuk menyembuhkan sakit, sehingga harus dilawan.

2. Setelah itu, cari tempat yang cukup tenang. Jika tidak ada, ciptakan dengan cara memusatkan pikiran sambil memejamkan mata.

3. Langkah berikutnya adalah melepaskan semua pikiran, agar seluruh tubuh benar-benar bebas dari stres. Bayangkan ada gelombang yang mengalir dari rambut hingga ujung kaki, membasuh semua pikiran.

4. Terakhir, berikan sugesti pada diri sendiri, misalnya dengan kata-kata, "Saya sangat rileks dan merasa nyaman. Makin saya bernapas, makin terasa nyaman." Atau bisa juga, "Saya lelah dan sangat mengantuk. Saya merasakan surga di kaki dan tangan saya. Saya lelah, semakin lelah.."

Adelia Ratnadita - detikHealth

0 comments:

Posting Komentar